RSS

Papiloma Laring

25 Jan

Definisi
Papiloma laring adalah tumor jinak yang sering dijumpai pada anak-anak, papiloma laring biasanya terletak di saluran nafas yang sering kali menimbulkan sumbatan jalan nafas yang dapat mengakibatkan kematian. Dulu papiloma ini sering dikenal sebagai kutil di tenggorok pada abad ke 17.  Papiloma merupakan tumor laring jinak pada anak tetapi juga sering ditemukan pada orang dewasa. papiloma laring sering mempunyai kemampuan untuk tumbuh kembali setelah pengangkatan dan meluas ke jaringan sekitarnya

Epidemiologi
Angka kejadian  papiloma laring sering dijumpai anak-anak 80% pada usia kelompok usia di bawah 7 tahun.

Patogenesis
Etiologi papoiloma laring hingga kini belum diketahui secara pasti, tetapi dari penelitian diduga bahwa virus HPV (Human Papiloma Virus) tipe 6 dan 11 berperan terhadap terjadinya papiloma laring. Diduga adanya hubungan antar infeksi HPV genital pada ibu hamil dan papiloma laring pada anak, hal ini dibuktikan dengan adanya virus HPV tipe 6 dan 11  pada kondiloma genital, walaupun penemuan diatas menunjukan peran infeksi virus pada papiloma laring. Tetapi ada faktor lain yang berperan, mengingat papiloma ini dapat menghilang di saat pubertas.
Teori lainnya yang dikemukakan adalah teori faktor hormonal dan beberapa faktor penyebab papiloma laring yaitu sosial ekonomi rendah dan hygene yang buruk. Infeksi saluran nafas kronik dan kelainan imunologis.

Pada awalnya gejala-gejala yang ditemukan berupa gangguan fonasi berupa suara yang serak pada anak, gejala bisa lebih berat sehingga suara tangisan anak dapat terdengar abnormal hingga anak tidak dapat bersuara sama seakli. Bila papiloma sangat besar dapat menyebabkan gangguan pada system pernafasan yaitu batuk, sesak, ngorok saat menghirup nafas.  Sumbatan pada saluran nafas dapat dibagi menjadi 4 bagian menurut criteria jakson

  • Jakson I ditandai dengan sesak, stridor (ngorok) inspirasi ringan, penarikan pada sela iga
    Jakson II sesuai dengan gejala jakson I tetapi diperberat dengan retraksi supra dan infra klavikula, sianosis ringan dan pasien tampak gelisah.
    Jakson III sesuai dengan gejala jakson II ditambah dengan retraksi interkostal, epigastrium dan sianosis lebih berat
    Jakson IV, sesuai dengan gejala jakson III ditambah dengan wajah yang tegang dan terkadang gagal napas.

Tatalaksana
Beberapa penatalaksanaan dalam papiloma laring memiliki prinsip yang sama, yakni menghilangkan papiloma dan menghindari kejadian berulang , beberapa terapi yang dapat digunakan pada papiloma laring adalah.

Technorati Tags: ,

Terapi bedah

Terapi medikamentosa

Pemberian obat seperti anti virus , hormone, steroid, dan podofilin topikal

Imunologis

Supportif dengan menggunakan interferon

Foto dinamik

Menggunakan DHE sebagai agen yang menyebabkan toksik yang secara selektif menghancurkan sel-sel tertentu

 
Leave a comment

Posted by on January 25, 2009 in laring

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: