RSS

kepentingan brokoesofagologi di THT

16 Mar

Bronchoesophagology

Kepentingan mempelajari broncus dibagian THT
* aspirasi benda asing atau cairan kimia
, tumor dan kelainan kongenital
Aspirasi benda asing
* bedakan letaknya laring, trakea, bronkus atau esofagus

benda asing uang logam pada bronkus Uang logam pada esofagus
Tindakan pertama
Heimlich maneuver ( tekanan mendadak pada abdomen tujuannya untuk merubah posisi dari benda asing, sehingga bisa dibatukkan atau dimuntahkan. Hati-hati gunakan ini hanya pada obstruksi yang total.
Tindakan selanjutnya :
* x-Foto kira-kira dimana letak benda asing tersebut, kalau perlu dengan barium.
Tindakan di bidang THT
* Laringokopi, bronkoskopi atau esofagoskopi.
Bila disertai dengan sesak nafas yang adekuat trakeotomi perlu dilakukan atau krikotirodotomi.

Tanda=tanda aspirasi :
* Chocking episode : fase tercekik-cekik
* selanjutnya kadang-kadang justru tidak tampak gejala-gejala menonjol, kecuali : rasa nyeri, disfagia ( esofagus ). wheezing unilateral, emphisema, dan infeksi ( bronchus ).

Biasanya benda asing berupa :
uang logam, permen, gigi palsu, duri ikan.

Resiko aspirasi atau tertelan benda asing dan tindakan kita :
– sesak nafas
– infeksi
– perforasi
– mediastinitis
– striktur

Disfagia
Disfagia adalah kesulitan menelan seringkali disertai nyeri telan.
Prose menelan 3 fase :
1. Fase oral (lidah berperan ) , sadar
2. Fase faringeal, laring menutup, nafas berhenti masuk ke     esofagus –>
3. Fase esofageal

Pemeriksaan :
– Pemeriksaan fisik : Oral tenggorok, leher
– Endoskopi
– x-Foto, Ct-Scan

Tindakan :
sesuai penyebab :
– infeksi : antibiotika
– benda asing : ekstirpasi ebnda asing
– kelumpuhan : neurolog
– Tumor : terapi tumor

 
1 Comment

Posted by on March 16, 2007 in bronkoesofagologi

 

One response to “kepentingan brokoesofagologi di THT

  1. Jurisdal Luthan

    December 5, 2007 at 3:08 am

    Dengan hormat,

    Sebelumnya saya mohon maaf bila saya –mungkin– salah dalam menggunakan kolom dalam pengiriman pesan ini.

    Saya laki-laki berusia 45 dan saat ini saya mempunyai sebuah pertanyaan mengenai gejalan kanker getah bening karena akhir-akhir ini saya sering merasa seakan-akan makanan (yang sudah saya makan beberapa waktu yang lalu) masih berada disekitar tenggorokan dan kepala kadang terasa agak aneh dan pening.
    Sebagai tambahan yaitu leher bagian sebelah kiri saya juga agak terasa pegal.
    Saya termasuk perokok sedang (1 bungkus perhari).

    Apakah ini sebuah gejala kanker atau hanya sekedar kelainan rongga tenggorokan mohon advisenya dari Ibu.
    (dan bilamana saya harus memeriksa, dimanakah kelinik/rumah sakit yang cukup mampu dari segi teknis untuk mendiagnosa hal ini menurut Ibu)
    Sekali lagi saya mohon maaf bila kiriman pesan ini salah alamat, tidak lupa saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya

    Hormat saya,
    Jurisdal Luthan

     

Leave a Reply

 
